Kemitraan Harmonis antara Eksekutif dan Legislatif: Evaluasi LKPJ Kepala Daerah Bolsel Tahun 2022

Kemitraan Harmonis antara Eksekutif dan Legislatif: Evaluasi LKPJ Kepala Daerah Bolsel Tahun 2022

SULUT, Bolsel | Matapenanews.id Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melaksanakan Rapat Paripurna Tahap II untuk mengevaluasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah pada Tahun Anggaran 2022. Rapat ini menjadi momentum penting dalam menjalin kemitraan harmonis antara eksekutif dan legislatif.

Rapat Paripurna tersebut diadakan di Ruang Sidang Paripurna DPRD, Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki pada Rabu (17/5/2023). Acara ini dipimpin oleh Ketua DPRD, Ir. Ariffin Olii, dan dihadiri oleh Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid beserta jajaran, para Wakil Ketua, dan Anggota DPRD lainnya.

Baca juga:  Peringatan HUT RI Ke-78 di Bolsel Bersinar Dengan Semangat Kemerdekaan

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Deddy menjelaskan bahwa agenda rapat ini didasarkan pada Pasal 20 ayat 2 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Pasal ini mencerminkan hubungan kemitraan dan fungsi check dan balance antara eksekutif dan legislatif.

Lebih lanjut, dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, disebutkan bahwa DPRD dan Kepala Daerah berkedudukan sebagai mitra dengan fungsi masing-masing yang berbeda. Hal ini menandakan bahwa keberhasilan pemerintahan merupakan capaian bersama, sedangkan kekurangan adalah tanggung jawab bersama legislatif dan eksekutif untuk merumuskan hasil yang lebih baik di masa depan.

Baca juga:  Wabup Bolsel Buka Sosialisasi Pengelolaan Transfer ke Daerah Tahun Anggaran 2023

Wakil Bupati Deddy berharap agar kemitraan yang harmonis ini dapat terus terjalin dengan baik. Ia juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Panitia Khusus (Pansus) DPRD, pimpinan, dan anggota DPRD lainnya yang telah bekerja secara intensif dan maksimal dalam mengevaluasi LKPJ Kepala Daerah tahun 2022.

“Atas nama Pemerintah Daerah, saya ucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pihak yang selalu berinteraksi demi kepentingan pembangunan. Dukungan yang disampaikan oleh semua pihak merupakan upaya konstruktif dan positif yang dilaksanakan dengan semangat kuat untuk membangun daerah,” ujar Deddy.

Baca juga:  Pemkab Bolsel Lepas 18 Jemaah Calon Haji, Bupati Iskandar: Kita Doakan Mereka Tetap Sehat dan Kembali dengan Selamat

Dalam rapat tersebut, turut hadir Sekretaris Daerah M. Arvan Ohy, S.STP, M.AP, para Asisten Sekretaris Daerah, jajaran Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati, para pimpinan Perangkat Daerah dan jajaran Aparatur Sipil Negara, para Sangadi, dan undangan lainnya. Semua pihak yang hadir bertanggung jawab sebagai pemangku. (Fauzan/Advertorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *