Pemkab Bolsel Optimalkan Transisi PAUD ke SD untuk Masa Depan Anak yang Gemilang

Pemkab Bolsel Optimalkan Transisi PAUD ke SD untuk Masa Depan Anak yang Gemilang

SULUT, Bolsel | Matapenanews.id- Sosialisasi Transmisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) dengan tema “Merdeka Belajar Episode 24 Tahun 2023” telah resmi dibuka oleh Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Hi. Iskandar Kamaru, D.Pt, M.Si, pada hari Selasa, (20/06/2023) di Lapangan Futsal Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki.

Dalam sambutannya, Bupati Bolsel mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya masa transisi anak dari PAUD ke SD kelas 1 dan 2. Menurutnya, kekurangan pemahaman ini secara tidak langsung menghambat anak-anak dalam mengembangkan potensi mereka sebagai pembelajar seumur hidup.

Baca juga:  Bupati Bolsel Kukuhkan 33 Siswa Pasukan Pengibar Bendera di Upacara HUT RI ke-78

“Saat anak memasuki SD, seharusnya mereka sudah memiliki bekal kemampuan dasar yang memadai. Masa transisi ini merupakan momen penting untuk memperkuat pondasi pembelajaran anak,” ujar Bupati.


Bupati menjelaskan bahwa transisi dalam konteks ini mengacu pada anak yang harus beradaptasi dengan lingkungan belajar yang baru, sedangkan siap sekolah berarti anak memiliki kemampuan pondasi yang diperlukan untuk belajar sepanjang hidup.

“Transisi adalah periode peralihan di mana kita harus mampu membimbing anak berdasarkan kebutuhan mereka. Transisi yang efektif adalah saat anak dapat beradaptasi dengan lancar tanpa terlalu banyak kesulitan saat pindah ke jenjang baru,” tambahnya.

Baca juga:  Lakukan Kunker di Kemendes PDTT RI, Ketua DPRD Bolsel: Kunker ini Sebagai Koordinasi Penggunaan Dana Desa 2023

Selain itu, Bupati juga menyebutkan beberapa indikator yang dapat memperkuat transisi dari PAUD ke SD tahun 2023. Pertama, tidak ada lagi sekolah yang melakukan tes calistung sebagai syarat penerimaan siswa baru. Kedua, dalam dua minggu pertama, anak-anak dan orang tua merasa nyaman dengan lingkungan baru. Ketiga, sekolah menggunakan kegiatan menyenangkan sebagai asesmen awal untuk merancang rencana pembelajaran selanjutnya. Terakhir, sekolah memilih kegiatan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan.

Baca juga:  Bupati Bolsel Bertindak Sebagai Pembina Upacara saat HUT ke-20 Kecamatan Posigadan

“Selamat mengikuti kegiatan ini. Saya berharap melalui sosialisasi ini, peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka untuk mendukung program transisi PAUD ke SD di daerah ini,” harap Bupati.

Selanjutnya, kegiatan ini akan dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi Dukungan Transisi PAUD ke SD.

Diketahui, acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris TP-PKK Ny. Rosdiana Abdul Hamid-Lapatola, para Asisten Sekda, Kadis Dikbud Rante Hattani SPd, MSi, beserta jajarannya, pimpinan PD, Sangadi, Bunda PAUD desa, dan undangan lainnya. (Advertorial/Fauzan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *