Sebanyak 45 Siswa SMK CAS Ikut ANBK, Kepsek Berikan Semangat Pada Peserta

Sebanyak 45 Siswa SMK CAS Ikut ANBK, Kepsek Berikan Semangat Pada Peserta

SULUT, Bolsel | Mata Pena NewsProses Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cokroaminoto Salongo (CAS) telah di mulai.

sebanyak 45 siswa yang dari 4 jurusan yakni Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB), Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dan Keperawatan mengikuti pelaksanaan ANBK ini.

ANBK tersebut, terlihat dilaksankan di Ruang Laboratorium Jurusan TKJ SMK CAS yang berada di Desa Salongo, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Rabu, (30/08/2023).

Baca juga:  Bupati Bolsel Buka OSMB UT Secara Resmi

Sebelumnya, Ujian Nasional adalah penentu kelulusan sekolah di Indonesia mulai SD, SMP, SMK, hingga SMA sederajat. Namun sekarang telah diganti dengan ANBK.
Perlu diketahui, ANBK adalah pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang sebelumnya diterapkan bagi para calon siswa.

Digelarnya ANBK ini, agar dapat meningkatkan mutu pendidikan dengan menengok input, proses, dan juga output pembelajaran di sekolah-sekolah di Indonesia.

Proses pelaksanaan ANBK bisa dilakukan secara online dan semi online.

Baca juga:  PT. JRBM Kembali Beraksi untuk Turunkan Stunting di Bolaang Mongondow Selatan

Di SMK CAS dilakukan secara semi online. hal ini dikatakan Kepala Sekolah Zumiyati Hulinggu, S.Pd.

Dirinya mengatakan, pelaksanaan ANBK secara semi online dikarenakan jaringan internet yang kurang baik di lingkungan sekolah.

“Jaringan internet di sekolah kami tidak terlalu baik, dan jaringan wiffi juga belum sampai di wilayah Salongo ini sehingganya kami melaksanakan ANBK secara semi online,” jelasnya.

Kepsek cantik dan muda ini juga mengungkapkan, jika pihaknya mengikuti prosedur dan aturan yang ditentukan oleh Pemerintah.

Baca juga:  PT. JRBM Kembali Beraksi untuk Turunkan Stunting di Bolaang Mongondow Selatan

“Semua tahapannya sesuai aturan dan prosedur yang ditentukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dan kegiatan ini juga dibuka langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Bolsel yang diwakili oleh Kepala Seksi Pembinaan SMK/GTK ibu Misleis H.W Gorigi,” ungkap Kepsek 34 tahun.

Ia pun tak lupa menyemangati seluruh siswa yang mengikuti ANBK. “Saya dan ibu Misleis tadi juga sempat memantau pelaksanaan ANBK dan tentunya menyemangati siswa siswi saya yang sedang mengikuti ANBK,” pungkasnya. (A70)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *