28.4 C
Indonesia
Sab, 10 Juni 2023
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Sabtu, 10 Juni 2023 | 11:38:52 WIB

PPNI Bireuen Dorong Gerakan Nursepreneur

Bireuen | Matapenanews.id Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Bireuen mendorong para perawat dan lulusan pendidikan tinggi keperawatan untuk menjadi Nursepreneur.

Hal ini disampaikan Ketua PPNI Bireuen, Ns.Mirzal Tawi, M.K.M disela-sela acara Launching Praktik Mandiri Perawat di Jeunieb, Kabupaten Bireuen (09/09/2022).

“Nursepreneur adalah singkatan dari Nurse Entrepreneur. Nursepreneur merupakan istilah yang menggambarkan seorang perawat sekaligus menjadi pengusaha atau berwirausaha, dan yang perlu diperhatikan tetap mengacu kepada aturan legal standing yang berlaku,” terang Mirzal Tawi.

Menurut Mirzal Tawi yang juga dikenal dengan Syeh Tawi Peusangan ini, salah satu bentuk gerakan nursepreneur adalah praktek mandiri perawatan luka sebagaimana yang dibuka oleh perawat Ns.M.Riza Baskia hari ini.

Baca juga:  Kasus Dugaan Korupsi Ade Yasin Kembali Menyeret Para Pejabat Daerah Beserta Kroni-kroninya

“Kita pantau saat ini tidak banyak perawat yang ambil keputusan untuk menjadi nursepreneur dengan mengelola praktik keperawatan mandiri, insya Allah PPNI Bireuen akan coba terus mendorong perawat berinisiatif untuk hal itu,” ujar Ketua Syeh Tawi didampingi Sekjen Ns. Muhammad Hidayat, M.Kep.

Menurut Mirzal Tawi peluang mereka cukup terbuka, terlebih kebutuhan akan akses fasilitas kesehatan di daerah khususnya masih terbatas. Di sisi lain para perawat memiliki kapasitas untuk memberikan layanan kesehatan langsung kepada masyarakat, dan tidak perlu takut karena praktik keperawatan mandiri tersebut legal dilindungi Undang-undang No. 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan.

Baca juga:  Hj.Asyanti Rozana Thalib SE, Adakan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Aula Kecamatan Jonggol       

“Nursepreneur atau perawat entrepreneur selain untuk memperkuat eksistensi profesionalisme perawat juga menjadi solusi membuka lapangan kerja mungkin akibat tingginya lulusan keperawatan saat ini, sehingga tidak semuanya bisa tertampung bekerja di fasilitas kesehatan.” lanjut Syeh Tawi Peusangan.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Indonesia Wound Care Clinician Association (InWCCA), . Ns.Edy Mulyadi, M.Kep, RN, WOC(ET)N turut hadir saat acara tersebut menyatakan siap mendukung upaya-upaya yang akan dilakukan PPNI Bireuen.

“Kami melalui InWCCA terus bergerak untuk meningkatkan kapasitas perawat melalui kegiatan-kegiatan workshop, seminar dan pelatihan perawatan luka dengan metode modern terkini yang mengikuti perkembangan iptek. Dan kami siap bekerjasama dengan PPNi Bireuen,” ungkap Ketua InWCCA Edy Mulyadi yang juga Rektor Universitas Sains Cut Nyak Dhien Langsa.

Baca juga:  Gawat..! Belasan ASN Pengadilan Agama Positif Terkena Virus Corona

Edy Mulyadi menambahkan bahwa nursepreneur yang bisa digeluti tidak hanya perawatan luka atau wound care, namun banyak pilihan lain.

“Selain wound care, perawat juga bisa buka praktik keperawatan mandiri komplementer, home care, skin care, pediatric care, palliatif care, intensive care, gerontik care, keperawatan jiwa, sunat modern, maternitas, dan emergency care.” pungkas Edy Mulyadi. (Rizki)

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil di ringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Pondasi Ditumbuhi Rumput, Bedah Rumah untuk Podang Tak Kunjung Selesai

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Pondasi Bedah Rumah untuk Podang (53) Warga dengan status Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Desa Bukit Harapan,...

Patut Dicontoh, Tindakan Oknum Perawat Ini menuai Pujian Warga 

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - kemampuan petugas medis dalam mengelola kecerdasan emosional sangat membantu proses penyembuhan pasien. Perkataan yang baik, sikap sopan santun,...

Lantik Pejabat Kepala Sekolah, Bupati Barru Titip Harapan Ini

Reporter: Andri Barru | Gerbang Indonesia - Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh mengambil sumpah jabatan Pegawai Negeri Sipil berdasarkan Berita Acara Nomor : 800/0180/11/BKPSDM/2022...
Berita terbaru
Berita Terkait